Beranda » Nusa Penida » Tata Urutan Persembahyangan di Pura Ped

Tata Urutan Persembahyangan di Pura Ped

Bagi yang sudah sering sembahyang ke Pura Ped tentunya tidak asing lagi dengan tata urutan persembahyangannya. Nah, bagi yang belum, berikut akan disampaikan tata urutan persembahyangannya, sehingga bisa mempersiapkan sarana persembahyangan yang cukup.
Pura Pura Ped  terdapat empat buah pura yaitu Pura Segara, Pura Taman Sari, Pura Ratu Gede dan Pura Penataran Agung.

Berikut tata urutan persembahyangan di Pura Ped:

1. Persembahyangan Pertama di Pura Segara

Setelaha memasusikan areal/pekaran Pura Ped dari barat (parkir), terlebih dahulu akan menjumpai dua buah wantilan. Dari wantilan tersebut menuju ke utara anda akan melihat Papan Tata Urutan Persembahyangan. Disana bisa dilihat persembahyangan pertama adalah di Pura Segara, maka Anda harus menuju ke Uatara. Pura ini berlokasi paling dekat dengan laut. Areal pura ini cukup luas. Semebelum memasuki Pura Segara terlebih dahulu anda melukat dengan Tirta yang sudah disediakan. Persembahyangan bisa dilakukan sendiri atau dituntun oleh pemangku.  Kapasitas pura kira-kira 60 umat.

2. Persembahyangan Kedua di Pura Taman

Untuk persembahyangan kedua, dari Pura Segara anda menuju ke arah selatan untuk menuju ke Pura Taman. Pura ini berlokasi disebelah timur atau sebelah kanan dari Pura Penataran Agung.  Pura ini dikelilingi oleh kolam yang dibuat cukup dalam. Kolam di sekeliling pura penuh dengan tanaman teratai (tunjung) putih, merah, dan biru yang indah. Persembahyangan bisa dilakukan sendiri atau dituntun oleh pemangku.  Kapasitas pura kira-kira 50 umat.

3. Persembahyang Ketiga di Pura Ratu Gede

Persembahyangan ketiga, Anda dari Pura Taman menuju ke arah barat. Pura Ratu Gede berada di sebelah kiri dari Pura Pentaran Agung dan berdekatan dengan Wantilan. Persembahyangan bisa dilakukan sendiri atau dituntun oleh pemangku.  Kapasitas pura kira-kira 70 umat. Selesai sembayang di sini, Anda bisa minta (nunas) benang tridatu (yang sudah dipasupati) untuk dikenakan pada pergelangan tangan kanan.

4. Persembahyangan Keempat di Pura Penataran Agung

Persembahyangan Keempat (terkhir) di Pura Penataran Agung. Pura ini berda tepat disebelah kanannya Pura Ratu Gede. Pura ini terdapat banyak pelinggih berjajar pada sisi sebelah timur dan sebelah utara. Pelinggih sebelah utara yang palingging tinggi merupakan pelinggih penyimpenan. Di tengah-tengan berdiri sebuah pelinggih bale pelik. Di sebelah timur laut menghadap ke barat daya terdapat Padmasana/Surya.

Salah satu  Video rangkaian Tirtayatra di Nusa Penida.

Penutup:

Demikianlah Tata Urutan Pesembahyang di Pura Ped, semoga persembahyangan Anda berjalan dengan hening.

Apabila ada yang perlu ditanyakan, silahkan ketikkan Komentar di Bawah.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Go Nusa Penida menyediakan Paket Tour Wisata di Nusa Penida. Paket Tour Hemat dan Bersahabat yang kami tawarkan sudah all include mulai dari Tiket fastboat (pp), private tour (mobil apv), hotel di nusapenida, makan siang (lunch box halal), air mineral, tiket masuk wisata, driver sebagai tour guide

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.