Beranda » Nusa Penida » 3 Pura Paling Sering Dikunjungi di Nusa Penida

Go Nusa Penida | Tirtayatra ke Nusa Penida
Nusa Penida terkenal dengan wisata spiritualnya. Itu di karenakan telah dari dulu sebagian besar umat Hundu Bali melakukan persembahyangan/ Tirtayatra ke Nusa Penida.

 
Di Pulau Nusa penida banyak sekali terdapat tempat suci/pura yang merupakan Pura Kahyangan Jagat seperti Pura Ped , Pura Batu Medau, Puncak Mundi, Pura Goa Giri Putri.

Berikut ini tiga Pura yang Sering di Kunjungi baik dalam acara tirtayatra atau sembahyang sehari-hari yaitu Pura Ped, Goa Giri Putri, dan Pura Puncak Mundi.

 

 
1.    Pura Goa Giri Putri

Tahapan persembahyangan di Goa Giri Putri dimulai dengan menaiki puluhan anak tangga menuju tempat persembahyangan pertama yakni Pelinggih Ida Hyang Tri Purusa Lan Ganapati, yang merupakan akses satu-satunya untuk memasuki Goa Giri Putri. Lubang pintu masuk ke dalam goa sangat kecil sekali. Apabila memiliki badan yang sangat pasti was-was untuk masuknya. Namun apabila tujuan Untuk Tangkil/Sembahyang, meskipun badan besar pasti akan bisa masuk ke dalam goa. Di Dalam goa areal sangat luas sekalai, diperkirakan bisa menampung ratusan muat. 



Adapaun Susunan/Tahapan Persembahyangan di Pura Khayangan Jagat Goa Giri Putri.
1. Linggih Ida Hyang Tri Purusan dan Ganapati
2. Linggih Ida Hyang Wisnu dan Wasuki
3. Linggih Ida Hyang Dewi Gangga (tempat melukat)
4. Linggih Ida Hyang Giri Pati
5. Linggih Ida Hyang Giri Putri
6. Linggih Ida Hyang Siwa Amerta, Rambut Sedana, Ratu Mas Manik Melanting, Ratu Syahbandar, Dewi Kwan Im, Dewa Langit dan Dewa Bumi.
 
2.   Pura Puncak Mundi
Puncak Bukit Mundi adalah tempat tertinggi di daratan Nusa Penida. Perjalanan ke Puncak Mundi cukup nyaman, permukaan aspal jalan cukup bagus. Hampir keseluruhan perjalanan adalah mendaki dan cukup curam, karena itu diperlukan kondisi kendaraan yang prima. Perjalanan ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit. Jika ada acara spiritual yang cukup lama memakan waktu, sebaiknya mengenakan baju penghangat tubuh. Di lokasi ini terdapat dua pura penting yaitu pura Puncak Mundi dan Pura Krangkeng
Pura Krangkeng Kertanadi
Dengan tuntunan dari Spiritual di tempat ini kita dapat menanyakan ada tidaknya leluhur kita yang masih harus menjalani masa untuk tinggal, mencari tahu soroh atau dari klen mana sebenarnya keberadaan kita, Nuntun Leluhur, dan Ngaturang pengayubagia. Tentunya memerlukan persiapan tertentu dan prosesi khusus karena yang seperti ini bukanlah persembahyangan biasa.
Pura Pucak Bukit Mundi
Merupakan pura Penataran Agung dengan jaba sisi, jaba tengah dan jeroan (paling dalam) Ada perbedaan sedikit dari pura lainnya dimana pura ini jaba tengahnya lebih luas dari areal jeroannya sendiri. Ada banyak bale pekemitan baik di jaba sisi maupun di jaba tengah. Persembahyangan umum dilakukan di sini.
Biasanya yang lebih umum, urutan tangkil di Nusa Penida, persembahyangan di Puncak Mundi dilaksanakan sebelum ke Pura Ped.
 
 3.    Pura Ped
Pura Ped  terdapat empat buah pura, yaitu Pura Segara, Pura Taman Sari, Pura Ratu Dalem Gede (Mecaling), dan Pura Penataran Agung.
Adapaun susunan urutan persembahyangan di Pura Ped sebagai berikut.
1) Pura Segara
Pura ini berlokasi paling dekat dengan laut. Areal pura tidak begitu luas. Acara persembahyangan berlangsung sebagaimana biasanya. Kapasitas pura kira-kira 50 umat.
2) Pura Taman Sari
Dari pura Segara, kita melanjutkan ke taman yang bertujuan untuk penyucian. Pura ini berlokasi disebelah timur atau sebelah kanan dari Pura Penataran Agung. Seperti namanya Pura ini dikelilingi oleh kolam yang dibuat cukup dalam, dan areanya juga tidak begitu luas. Kolam di sekeliling pura penuh dengan tanaman teratai yang berbunga indah. Acara persembahyangan biasa. Kapasitas pura sekitar 40 orang.
3) Pura Dalem Ida Ratu Gede Mecaling
Pura ini ada di sebelah kiri dari Pura Pentaran Agung, di sebelah utara Wantilan. Pura dalem linggih Ida (tabik pukulun) Ratu Gede Mecaling ini tidak terdapat banyak pelinggih. Satu pelinggih utama dan disebelah kiri pelinggih penyangga. Kapasitas pura kira-kira 70 umat. Acara persembahyangan sebagaimana biasanya.
4) Pura Penataran Agung Dalem Peed

Pura yang lumayan luas dan dengan penataan yang bagus. Terdapat banyak pelinggih berjajar pada sisi sebelah timur dan sebelah utara. Pelinggih sebelah utara dan palingging tinggi merupakan pelinggih penyimpenan. Di tengah-tengan berdiri sebuah pelinggih bale pelik. Di sebelah timur laut menghadap ke barat daya terdapat Padmasana/Surya.

 

Pura Ped biasanya merupakan persembahyangan terakhir dari sebagian umat Hindu Bali yang tangkil atau Tirtayatra ke Nusa Penida. Di areal pura terdapat 3 wantilan besar, bisa digunakan untuk acara tari-tarian/mekemit/pesandekan pemedek. Yaitu: Satu wantilan berada dekat dengan Pura Taman, dan 2 wantilan berada di depan atau setelah candi masuk. Salain itu juga terdapat Pesandekan Khusus Pemangku yang berada dekat dengan Pura Ratu Gede.

Demikianlah 3 Pura Paling Sering Dikunjungi di Nusa Penida.

Terimakasih sudah berkunjung. Apabila ada pertanyaan, silahkan komentar di bawah!

Info Paket Tirtayatra Nusa Penida silahkan hubungi kontak kami 082339915678

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Go Nusa Penida menyediakan Paket Tour Wisata di Nusa Penida. Paket Tour Hemat dan Bersahabat yang kami tawarkan sudah all include mulai dari Tiket fastboat (pp), private tour (mobil apv), hotel di nusapenida, makan siang (lunch box halal), air mineral, tiket masuk wisata, driver sebagai tour guide

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.